Ziarah ke Alam Barzakh I

  • Sekilas Tentang Awal Kematian
Ibn Abi Syaibah dalam Al-Mushannaf dan Imam Ahmad dalam Al-Zuhd neriwayatkan kisah sebagai berikut :

"Affan bertutur kepada kami, bahwa Hammad Ibn Salmah bercariya berasarkan informasi dari Habib Ibn asy-Syahid, yang diterimanya dari Al-Hasan. Ia mengatakan bahwa ketika Allah SWT menciptakan Adam dan anak cucunya, malaikat berkata, "Sesungguhnya bumi ini tidak cukup luas bagi mereka"

       Lalu Allah menjawab, "Aku akan membuat kematian."
       "Kalau begitu, tidak ada ketenangan hidup bagi mereka." Lanjut para malaikat itu.
 Allahpun berfirman, "Sesungguhnya Aku akan memberi mereka harapan."


Dalam buku Al-Hilyah, Abu Nu'ayn, berdasarkan informasi dan Mujahid, mengatakan, "Ketika Adam AS diturunkan ke bumi, Tuhannya berkata kepadanya, "Bangunlah bumi untuk sebuah kebinasahan dan kelahiran anak-anakmu untuk sebuah kefanaan."


#Maksudnya : kefanaan pasti akan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari anak-anak Adam AS, kendati mereka menghendati usia yang panjang.


  • Larangan Mengharapkan Kematian ketika Mendapat Musibah
Asy-Syaikhan (Al-Bukhari dan Muslim) meriwayatkan hadist dari Anas bahwa Rassulullah SAW. bersabda, "Salah seorang di antara kalian tidaklah layak mengharapkan kematian karena musibah yang menimpanya. Seandainya terpaksa harus mengharapkan kematian, hendaklah ia berkata "Ya Allah,biarkanlah aku tetap hidup jika hidup itu lebih baik bagiku, tetapi matikanlah aku jika kematian itu lebih baik bagiku." (H.R.Syaikhan).


Abu Hurayrah r.a, meriwayatkan bahwa Rassulullah s.a.w bersabda, "Tidak boleh salah seorang diantara kalian mengharapkan kematian, tidak juga berdo'a agar segera mati sebelum kematian itu menjemputnya. Ketahuilah, sesungguhnya apabila seseorang diantara kalian meninggal, terputuslah amalnya. Sesungguhnya seorang Mukmin tidak bertambah umurnya kecuali hal itu akan menjadi baik baginya." (H.R. Muslim)


Masih dari Abu Hurayrah r.a meriwayatkan bahwa Rassulullah s.a.w bersabda, "Tidak boleh seorang diantara kalian mengharapkan kematian. Sebab, jika ia seorang yang baik ia mungkin akan bertambah baik. tetapi, jika ia seorang yang jahat, mungkin ia akan meninggalkan kejahatan itu." (H.R. Al-Bukhari dan An-Nasa'i)


*Bersambung

Comments

Popular posts from this blog

Gundah Gulana

Fungsi Pajak

Jeritanku